Cara Pindah Hosting di CPanel

2 min read

Cara pindah hosting di cpanel adalah salah satu pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang Web Developer karena ini menyangkut dengan database dan konten dalam sebuah website. Hal ini dimaksudkan jika suatu ketika klien anda mempunyai masalah dengan websitenya seperti file terkena virus atau script jahat lainnya dan al-hasil klien anda minta dibantu untuk pindah hosting. Malukah anda jika anda sebagai seorang developer tidak tahu cara pindah hosting ? Apalagi disaat klien anda minta buru-buru agar data-data dipindah ke hosting lain.

Akan tetapi bukan berarti yang bukan seorang web developer tidak perlu tahu tentang cara pindah hosting lho! Satu pont plus bagi anda jika bisa memindahkan file-file website dari satu hosting ke hosting lainnya tanpa down. Nah berikut akan saya uraikan langkah-langkah atau cara yang benar saat pindah hosting sehingga website anda bisa diakses normal tanpa down.

Langkah-langkah cara pindah hosting di CPanel

Secara garis besar akan saya bagi menjadi 3 point penting yang harus anda pahami dan lakukan yaitu:

  • Memindah konten website anda
  • Memindah database website anda
  • Merubah name server domain anda

Ketiga point diatas mutlak harus anda lakukan untuk pindah ke hosting baru, jika ketiga point diatas dibuat menjadi satu artikel sepertinya akan terlalu panjang. Untuk itu dalam artikel tentang cara pindah hosting ini nantinya akan dijadikan 3 artikel sesuai dengan point diatas. Untuk bagian ke-1 yaitu tentang memindahkan konten dari hosting lama ke hosting baru bisa anda baca penjelasannya dibawah ini.

Langkah-langkah pindah hosting dibawah ini adalah sesuai dengan pengalaman saya sewaktu pindah hosting pada salah satu website saya contoh: www.mohdpurwadi.my.id. Alasan pindah hosting adalah karena website tidak bisa diakses melalui Handphone (Mobile). Silahkan ikuti langkah-langkah cara pindah hosting dibawah ini :

Cara pindah hosting artikel ke-1 (Memindahkan konten)

  1. Masuk ke dalam akun CPanel website yang akan dipindah.

Dalam contoh ini saya install website saya dengan platform WordPress, jadi URL CPanelnya adalah www.mohdpurwadi.my.id /cpanel. Ini adalah Default URL CPanel untuk platform WordPress. Masukkan user name dan password CPanel anda.Setelah login anda sukses maka CPanel homepage akan terbuka. Lihat pada sub menu File dan klik ganda icon “File Manager”.

  1. Setelah icon “File Manager” anda klik, arahkan kursor untuk memilih website mana yang akan di pindah hostingnya. Dalam contoh ini saya memilih www.mohdpurwadi.my.id kemudian klik “go”. Setelah anda meng-klik “go” akan muncul direktori website anda.
  1. Setelah muncul, maka carilah folder “wp-content”. Semua file yang ada di dalam folder inilah yang akan kita pindah ke hosting baru. Maka folder ini harus kita download, sebelum bisa didownload anda harus meng-compress menjadi file zip terlebih dahulu. Caranya anda tinggal meng-klik satu kali folder wp-content dan kemudian klik icon compress.

    Setelah icon compress di klik maka akan muncul pop-up untuk konfirmasi jenis file hasil compress, pilihlah “zip archive” kemudian klik tombol “compress file”. (Akan muncul pop-up “compression result” abaikan saja dengan klik “close”). Refresh halaman dan akan anda temui file dengan nama “wp-content.zip”. Download file ini dan simpan di dalam hardisk sementara, karena file ini nanti akan kita pindah ke hosting baru anda.

Catatan : Saya asumsikan anda sudah bisa dan familiar untuk install wordpress di CPanel, karenanya dalam artikel ini tidak dibahas cara install wordpress di Hosting.

  1. Langkah pindah hosting selanjutnya kita menuju ke Hosting baru anda, langsung saja masuk ke CPanel > File manager > folder website anda. Kali ini kita hanya akan mengganti folder wp-content pada hosting baru diganti dengan wp-content dari hosting lama. Yang pertama anda harus upload file “wp-content.zip” dari hosting lama. Klik “icon Upload” dan akan terbuka tab baru.

Nah pada tab baru tersebut anda diminta untuk memilih data yang akan diupload. Silahkan klik “browser” dan carilah data “wp-content.zip” yang dari hosting lama. Tunggu sampai file berhasil di upload.

setelah file berhasil di upload, refresh CPanel page dan akan anda dapati file “wp-content.zip”. Sebelum file ini diekstrak pastikan anda hapus / delete terlebih dahulu folder “wp-content” yang ada di hosting baru tersebut agar jika file wp-content.zip di ekstrak tidak overwrite. Setelah di delete baru anda bisa ekstrak file wp-content.zip.

Berarti sekarang anda mempunyai data konten website (wp-content) yang sama dengan data konten website pada hosting lama. Langkah pertama tentang cara pindah hosting di CPanel yaitu memindahkan konten website sudah selesai. Langkah selanjutnya adalah memindahkan database website.

Sampai disini, semoga bermanfaat 🙂

Sumber Gambar: wpbeginner.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *