Cara Menghubungkan Domain dengan Hosting

1 min read

Artikel tentang Cara menghubungkan domain dengan hosting ini masih ada hubungannya dengan cara bikin website gratis. Dimana saya bagi menjadi 3 poin penting yaitu :

1. Cara daftar domain gratis di dot.tk
2. Cara daftar hosting gratis di idhostinger
3. Cara menghubungkan domain dengan hosting

Jika anda belum membaca artikel-artikel sebelumnya, silahkan baca terlebih dahulu agar dalam membaca artikel ini nantinya nyambung dan tidak bingung. Tetapi jika anda sudah paham tentang domain dan hosting atau sudah paham tentang perbedaan domain dan hosting silahkan baca artikel tentang bagaimana cara menghubungkan domain dengan hosting agar website anda bisa online.

Hal pertama yang harus anda lakuan adalah merubah nameserver domain anda dan arahkan ke server hosting anda.Ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Merubah nameserver pada domain gratis dot.tk

  1. Masuk / login ke www.dot.tk anda akan di bawa kearah welcome page. Klik tab “Domain Panel”
  2. Anda akan diarahkan ke halaman daftar domain anda kemudian klik “Modify” pada domain yang akan anda rubah nameservernya. Dalam contoh ini domain yang mau saya rubah adalah imers-nuri.tk

3.Anda akan dibawa ke halaman Domain settings for this domain. Checklist custom DNS , Isikan name server / Host Name dan terakhir klik “Save Changes”

Sampai disini anda sudah mengarahkan nameserver domain anda ke idhostinger.com. Proses ini memerlukan waktu paling cepat 2 jam sampai resolve. Langkah selanjutnya kita akan install wordpress pada hosting gratis anda. Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Langkah-langkah install wordpress di idhostinger

  1. Login ke akun idhostinger anda maka halaman baru akan tampil, kemudian pilih hosting dan klik domain yang sudah anda setting sebelumnya. Dalam hal ini saya memilih imers-nuri.tk
  1. Setelah halaman baru tampil scroll mouse kebawah sampai pada sub-menu website kemudian klik “auto installer”
  2. Setelah auto installer anda klik, maka akan tampil banyak sekali CMS ataupun script yang bisa anda install. Dalam hal ini saya akan install WordPress. Carilah icon wordpress kemudian klik “install”
  3. Isilah data-data yang diminta, seperti user name , password , title dan lain-lain jika sudah disi semua yang terakhir klik Install.
  4. Tunggu sampai proses install selesai. Jika proses install wordpress selesai, maka akan ada tanda seperti dibawah ini.

Sampai disini anda sudah berhasil menghubungkan domain dengan hosting sehingga website anda sudah bisa diakses secara online. Cara menghubungkan domain dengan hosting pada idhostinger agak sedikit berbeda dengan hosting pada umumnya. Letak perbedaanya kalau di idhostinger script auto installer tidak akan bekerja jika nameserver domain anda yang akan diinstall belum diarahkan ke idhostinger sampai resolve.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *